Kegiatan Bela Negara di UPN "Veteran" Jawa Timur




KEGIATAN BELA NEGARA

Visi UPN Veteran Jawa Timur untuk menjadi universitas unggul berkarakter bela negara semakin dikuatkan dengan adanya Mata Kuiiah Pendidikan Karakter Bela Negara. Dan pada 28 Oktober - 13 November dilaksanakan Training Of Trainiers (TOT) dan Outbond Pendidikan Karakter Bela Negara tahun 2016 untuk mahasiswa semester III.
2479 mahasiswa semester III terdiri dari 318 mahasiswa Fakultas Pertanian, 576 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 661 mahasiswa Fakultas Teknologi Industri, 281 mahasiswa Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, 491 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dan 152 Fakultas Hukum ini terbagi dalam tiga grup masing - masing akan melaksanakan kegiatan TOT dan Outbond Bela Negara selama 2 hari, terhitung mulai tanggal 29-30 Oktober, 5-6 November dan 12-13 November.
TOT dan Outbond Bela Negara ini merupakan salah satu bentuk implementasi kurikulum pembentukan karakter dan mendukung terwujudnya atmosfir akademik yang berwawasan bela negara guna penguatan dan percepatan terwujudkan visi dan misi UPN Veteran Jawa Timur sebagai Kampus Bela Negara. selain itu TOT dan Outbond Bela Negara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memantapkan implementasi nilai - nilai Bela Negara bagi mahasiswa sebagai kader Bela Negara.
Materi Pendidikan Karakter ini diisi oleh Rektor UPN Veteran Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP yang menyampaikan materi “Sumberdaya Manunia Unggul bagi Kedaulatan Bangsa Indonesia”, “Kepemimpinan Nasional di Negara Multikultural” oleh Wakil Rektor I, Dr. Ir. Ramdan Hidayat, MP, “Tantangan Radikalisme dan Komunisme Gaya Baru di Indonesia” oleh Wakil Rektor II, Prof. Dr. Ir. Ahmad Fauzi, MT, “Kesiapan Pemuda Indonesia dalam Mempertahankan NKRI” oleh Wakil Rektor III, Ir. Mu’tasim Billah, MS dan “Kesadaran Bela Negara di Era Globalisasi” oleh Koordinator MK Dik Bela Negara, Dr. Ir. Zainal Abidin, MS.
Selain materi pendidikan karakter, masing - masing mahasiswa juga mengiktui latihan fisik lapangan yang terdiri dari Kesamaptaan jasmani, Peraturan Baris Berbaris dan Outbond Bela Negara oleh Tim Pelatih Anggota KODIM Surabaya Timur, Tim Asisten Pelatih dari anggota Resimen Mahasiswa dan Pramuka dan Tim Dosen MK DIk Bela Negara.


Dokumentasi :







Sumber : https://www.upnjatim.ac.id/index.php/berita-kampus/300-2479-mahasiswa-ikuti-tot-dan-outbond-bela-negara

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPN “VETERAN” JAWA TIMUR SEBAGAI KAMPUS BELA NEGARA

Bagaimana Pandangan Mahasiswa tentang Bela Negara?